Tentang behel

Sekarang makin marak yang namanya orang pakai behel atau dalam istilah kedokterannya itu orthodontic. Entah mereka pakai behel untuk alasan merapikan giginya atau untuk fashion. Yook kita cari tau tentang behel

1. Sama siapa sih seharusnya kita merawat atau memasang behel ?

Yang berkompeten dan memiliki lisensi untuk merawat dengan kawat gigi cekat/fix adalah dokter gigi spesialis orthodonti (Sp.Ort) dan/atau drg PPDGS ortho di RSGM di bawah pengawasan langsung drg Sp.Ort . Harap dibedakan antara dokter gigi umum (drg)+gelar master dengan drg spesialis. Spesialis berbeda dengan yang kuliah master. Spesialis bukan cuma teori/knowledge yg bermain, tapi juga skill. Dokter gigi umum nonSp.Ort tidak memiliki kompetensi yang cukup untuk memasang behel, apalagi tukang gigi-tekniker dll. Tentu kita bisa membedakan dengan jelas, kompetensi drg umum yang hanya ikut kursus/pelatihan singkat dalam hitungan jam dibandingkan dengan kompetensi dokter gigi yang memang mendapatkan ilmu dan skillnya benar2 melalui pendidikan spesialis.

2. Tahapan yang harus dilalui sebelum pasang behel gimana sih ?

Tahapan bila datang ke dokter gigi Sp Ort:
(1) Pembuatan rekam medis
Mulai dari pencatatan identitas, riwayat medis, kebiasaan buruk, dan data data lainnya. Dilanjutkan pemeriksaan objektif gigi geligi dan rongga mulut: ada lubang apa tidak? Ada infeksi apa tidak? Ada radang gusi atau tidak? Ada karang gigi atau tidak? Ada gejala penyakit sistemik atau tidak? dst.. Setelah data data didapat, dokter dan pasien membicarakan tentang rencana perawatan. Kalau pasien setuju dirawat kemudian dilanjutkan pembuatan model kerja dan foto rongen.

(2) Pembuatan model kerja sebagai duplikat rongga mulut
Di model inilah dokter gigi menganalisa berapa ukuran gigi dibandingkan dengan ruangan yang tersedia.
Selain itu, perlu juga dibuat foto rontgen, panoramik dan cephalometri. Ada perhitungan yg harus diukur, sehingga bisa dilihat apakah ada faktor skeletal/pertumbuhan tulang yang berpengaruh, dari sini bisa diperkirakan prognosa perawatan dan perlu atau tidaknya retainer pasca perawatan.

Setelah analisa model dan foto rontgen selesai, pesawat juga selesai, baru dipasang ke mulut pasien. Biasanya pada masa awal penyesuaian, timbul sariawan di bibir.

Tahap prosedur standar ini, mulai dari anamnese, pembuatan rekam medik, pencatatan status gigi geligi, pembicaraan rencana perawatan dengan pasien, pencetakan-pengisisan model-menunggu gips model kering-pembuatan rontgen foto-analisa foto rontgen-analisa model-pembuatan desain pesawat-pemasangan, tidak bisa selesai dalam 1 jam pada kunjungan pertama. Satu lagi, prosedur standar pemakaian pemasangan pesawat pada tahap awal adalah pemasangan karet di gigi penjangkar untuk mendapat space tempat memasang cincin behelnya, jadi kawat gigi bukan cuma “ditempel” saja di permukaan gigi. Memang terkadang ada drg Sp.Ort tidak memasang separator/molar band/cincin di gigi penjangkar dengan alasan insiden karies menjadi tinggi karena sering sisa makanan tidak terjangkau ketika menyikat gigi, namun cara ini beresiko pergeseran gigi penjangkar ke arah depan/pipi dan lepasnya kawat gigi

3.  Kenapa sih perlu kontrol ?

Kontrol biasanya terjadwal per 2 mgu, 3 mgu maksimal 4 mgu sekali. Tekanan yang diberikan pada gigi akan mulai berkurang setelah 2 mgu–>pesawat sudah mulai berkurang keaktifannya. Supaya efek tetap berjalan, perlu reaktivasi kawat supaya dicapai force yang sama seperti yang diharapkan semula untuk mendorong gigi. Selain itu, dengan adanya behel, pasien seringkali tidak maksimal dalam membersihkan giginya, melalui kontrol juga bisa diketahui, apakah sudah ada deposit karang gigi yang bisa mengarah pada peradangan gusi. Melalui kontrol juga dicek apakah ada perubahan2 patologis yg terjadi, apakah terbentuk dental carries yg baru, white spot, dll.

4. biaya ?

Mengenai biaya: relatif. Tergantung bahan yang dipakai, skill dan reputasi dokter gigi serta area praktik, sejauh mana apresiasi masy terhadap gigi dan mulut, baik dari segi kesehatan-fungsional sampai segi estetik/kosmetik.

Kalau sama dokter yang pasangin ini behel di gigiku biaya pasangnya 6 jt, setiap kontrolnya 150 rb. Yaa ga tau kalau didokter lain, biasanya biaya berkisar 3-7 jt

Yaaa kira kira gitulah bayangan kalau mau pakai behel. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba untuk teman teman yang ingin merasakan behel😀

12 Comments (+add yours?)

  1. clarissajesse
    Mar 08, 2011 @ 14:28:30

    woww..

    Reply

  2. novaauditha
    Mar 08, 2011 @ 23:48:17

    nah, aku sudah komen mba😀
    komen balik lah😀

    Reply

  3. Louisa Gusni Maygrecia
    Mar 09, 2011 @ 06:35:21

    pasang behel modalnya banyak yah dyn ~.~

    Reply

  4. immaria05
    Mar 09, 2011 @ 07:56:47

    behel yang bentuknya love love ada nggak? hehe😀

    Reply

  5. vinkameliari
    Mar 11, 2011 @ 14:26:51

    aku mau behel yang pake foto ku gitu bisa gag dyn ? hahaha

    Reply

  6. Widya
    May 12, 2011 @ 03:48:25

    mbak… aku pengen pasang behel ni…. boleh minta alamat doktermu gak? ato kamu punya rekomendasi dokter lain mungkin??
    makasi ^___^

    Reply

  7. eka
    Jun 09, 2013 @ 03:57:06

    sis kalau behel cuma untuk fashion ajah?tapi gigi kita rapih berapah yah harganya ?tapi pasang diorthodontic

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: