apa sih simbiosis ?

Simbiosis itu berasal dari bahasa Yunani sym yang artinya dengan dan biosis yang berarti kehidupan. Simbiosis merupakan interaksi antara dua organisme yang hidup berdampingan.

Yaa intinya simbiosis itu hubungan antar dua organisme yang berbeda. Kenapa bisa dua organisme tersebut bisa memiliki hubungan ? itu karena kedua organisme tersebut saling membutuhkan satu sama lain untuk berkembang biak ataupun mempertahankan kehidupan mereka.

simbiosis ini terbagi menjadi tiga macam :

  1. Simbiosis mutualisme, hubungan sesama makhluk hidup yang saling menguntungkan satu sama lain. Jadi ga ada yang dirugiin semuanya untung. Contohnya hubungan antara lebah dan bunga. Lebah mendapatkan madu dari bunga. Waktu menghisap madu itu, serbuk bunga melekat sama si lebah. Jadi kalau lebah itu berpindah bunga, serbuk bunga yang melekat sama si lebah ini bakalan melekat sama bunga yang lain. So terjadilah penyerbukan oleh lebah.
  2. Simbiosis komensalisme, hubungan sesama makhluk hidup dimana salah satu pihaknya itu diuntungkan tapi pihak yang lain ga diuntungkan tapi juga ga dirugikan. Contohnya simbiosis komensalisme itu tanaman anggrek yang tumbuh menempel pada inangnya. Tanaman anggrek mendapatkan keuntungan berupa rumah tinggal, tapi inangnya ga dapat keuntungan apapun dan juga ga dirugikan sama sekali.
  3. Simbiosis parasitisme, hubungan sesama makhluk hidup dimana salah satu pihaknya dapat keuntungan tapi di pihak yang lain mendapatkan kerugian. Contoh simbiosis parasitisme itu tali putri sama inangnya. Tali putri mendapatkan keuntungan dengan cara menghisap bahan makanan dari inangnya. Tapi inangnya dirugikan karena makanannya diambil.
  4. Amensalisme, yaitu saat satu pihak dirugikan dan pihak lainnya ga diuntungkan maupun dirugikan. Contohnya adalah jamur Penicilium yang mensekresikan penisilin dengan bakteri. Penisilin mampu membunuh bakteri. Sehingga bakteri dirugikan, tetapi jamur Penicillium tidak mendapatkan keuntungan maupun kerugian.
  5. Kompetisi, di mana kedua pihak saling merugikan, biasanya terjadi melalui kompetisi dalam memperebutkan makanan.
  6. Netralisme, jadi diantara kedua pihak ga saling diuntungkan dan ga dirugikan juga.

Simbiosis dapat dibedakan menjadi dua kategori berbeda :

  • Ektosimbiosis
  • Endosimbiosis
sumber : wikipedia.com, biologijaka.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: